Cara Meningkatkan SEO Pada Blog Anda Untuk Mendatangkan Traffic Organik “Sebuah Panduan Lengkap”

Cara Meningkatkan SEO pada blog bukanlah sesuatu yang baru untuk kalangan blogger. Bahkan banyak diantara para blogger yang sudah bosan atau frustasi membahas tentang SEO yang tidak pernah ada habisnya.

Saya sebagai pemula tentu meyakini bahwa tidak sedikit blogger yang tahu cara meningkatkan SEO. Akan tetapi sangat sedikit blogger yang berhasil melakukannya. Alasanya sederhana, yaitu tidak memiliki kesungguhan menerapkan ilmu tentang SEO yang telah mereka pelajari.

Sebenarnya tidak ada yang salah dari ilmu SEO yang mereka pelajari, akan tetapi sangat bergantung pada diri seseorang dalam hal ketekunan. Karena sedikit ilmu SEO yang dikombinasikan dengan ketekunan dan kesungguhan tentu akan mendatangkan hasil.
Cara Meningkatkan SEO Pada Blog Anda Untuk Mendatangkan Traffic Organik “Sebuah Panduan Lengkap”

Bagi para blogger tentu telah memahami bahwa teknik SEO itu sendiri terdiri dari dua yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Keduanya (SEO On Page dan SEO Off Page) memiliki peranan yang sama pentingnya dan saling melengkapi dalam urusan kekuatan SEO, jadi tidak boleh ada yang kuat dalam satu hal.

Sedikit review tentang kedua teknik SEO diatas. Teknik SEO On Page itu sendiri merupakan teknik optimasi yang dilakukan didalam halaman blog, sementara Teknik SEO Off Page itu sendiri optimasi yang dilakukan diluar halaman.

Setiap saat, google (Mesin pencari terpopuler saat ini) selalu memperbaharui alogaritma mesin pencari mereka, oleh karenanya kedua teknik SEO diatas sama-sama penting. Ada beberapa pakar SEO mengatakan bahwa SEO Off Page penting, sementara yang lain lagi mengatakan bahwa SEO On Page tak kalah penting.

Jika saya boleh memilih, maka saya lebih memilih SEO On Page. Alasannya karena mesin pencari sekelas google lebih mengutamakan konten ketimbang backlink. Seberapa banyak backlink pada blog kita tidak menjamin posisi pada SERP apabila konten blog tidak berkualitas dimata mesin pencari maupun pembaca.

Catatan penting: Dalam trik SEO yang saya bagikan disini merupakan tingkat dasar. Karena saya masih pemula jadi tidak telalu pusing tentang trik SEO tingkat master. Kuasai pemula dulu baru kemudian belajar untuk tingkat lanjut.
Bagi Anda yang sudah master dan menguasai teknik SEO tingkat lanjut, mungkin sudah bosan membaca artikel seperti ini. Jadi sangat tidak disarankan untuk mengkuti dan membacanya sampai akhir!

Berikut ini adalah 2 cara/trik/tips meningkatkan SEO Blog, diantaranya:

1.   Cara Meningkatkan SEO Blog dengan Teknik Optimasi On Page

Teknik SEO On Page merupakan sebuah cara yang dilakukan oleh para praktisi SEO untuk mengoptimasi beberapa elemen penting dalam blog. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan optimasi atau mengotak atik elemen terpenting dalam blog itu sendiri.

Elemen terpenting yang sering di utak atik dalam Teknik SEO On Page meliputi:

·         Title Tags
Title tags atau judul blog merupakan elemen utama dalam SEO, karena dari sini awal mula sebuah blog itu di kenal. Ibaratkan manusia, title tags ini sebagai nama/identitas. 

Title tags yang baik menurut seo harus berda pada kisaran 10-70 karakter. Jika lebih dari itu maka mesin pencari menganggap kita Stuffing Keyword atau rakus dalam menembak keyword/katakunci. Jadi buatlah yang sewajarnya agar semakin SEO. 

·         Heading Tags
Ada beberapa Heading Tags yang terdapat dalam struktur blog antara lain: H1, H2, H3, H4, H5 dan H6. Setiap Heading Tags mempunyai fungsi masing-masing. Sebagai contoh H1 digunakan untuk menuliskan Judul artikel, hal tersebut sebagai penekanan bahwa disitu terkandung kata kunci yang kita incar, sekaligus memberitahukan kepada mesin pencari bahwa inilah judul posting.

·         Alt Image Tags
Menambahkan alt pada sebuah gambar merupakan sebuah kewajiban bila dilihat dari perspektif SEO. Alt tags berfungsi untuk memberitahukan kepada mesin pencari dalam hal indeksi gambar pada blog. Hal lain yaitu sebagai syarat bagi mesin pencari untuk menentukan kata kunci yang akan dimunculkan melalui gambar tersebut.
·         Meta Tags
Meta tags berfungsi sebagai deskripsi (beberapa kalimat yang menjelaskan) yang memberikan petunjuk kepada pembaca. Meta tags muncul dalam dibawah judul postingan ketika seseorang mengetikan kata kunci tertentu. Tidak ada hubungan secara langsung dalam SEO, namun menjadi referensi/gambaran yang sesuai bagi pembaca sebelum melakukan klik pada judul.

·         Keywords
Keywords atau kata kunci adalah aspek terpenting dalam Teknik SEO On Page yang wajib dimiliki dalam setiap artikel. Yang perlu Anda ketahui bahwa sesuangguhnya keyword tidak perlu masukan secara berulang-ulang. Cukup dibuat pada judul, URL dan kalimat pertama artikel kemudian jelaskan intinya.

·         Url
Url terdiri dari 2 bagian yaitu URL blog (home page) dan URL Postingan/artikel. Keduanya memiliki peranan dalam hal optimasi SEO On Page. Jika memungkinkan buatlah URL blog yang mengandung keyword untuk memperkuat kata kunci dalam blog kita. Setelah itu, perjelas dengan artikel yang masih terkait dengan URL blog kita. 

Contoh, URL blog ini: carakerjaseo.blogspot.com, setiap unsur yang termasuk dalam setiap artikelnya berhubungan dengan SEO. Keduanya tentu berfungsi memberitahukan pada mesin pencari untuk merayapi blog kita, sehingga topik, url blog dan url postingan saling berhubungan.

2.   Cara Meningkatkan SEO Blog dengan Teknik Optimasi Off Page 

Selain melakukan optimasi di dalam setiap halaman blog (SEO On Page), perlu juga dilakukan optimasi diluar halaman blog kita atau yang lebih dikenal dengan SEO Off Page.

Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO Off Page akan dijelaskan dibawah ini:

·         Teknik Backlink Building

Backlink atau link yang mengarah ke blog kita berfungsi untuk menempatkan ranking yang baik dalam SERP. Semakin berkualitas backlink yang kita dapatkan maka ranking dalam SERP akan semakin bagus. Backlink berkualitas kita dapatkan dari situs edu, government, dan social media.

Dalam membangun backlink, usahakan secara alamiah bukan dengan cara spaming. Caranya adalah dengan melakukan blogwalking (berkunjung dan berkomentar pada blog lain) yang tentunya relevan dengan tema blog kita.

·         Sharing artikel pada Sosial Media

Situs social media atau jejaring social berfungsi untuk mempromosikan blog kita. Selain itu sekaligus kita berburu backlink berkualitas juga untuk kepentingan blog. Setelah update artikel, upayakan untuk sharing artikel tersebut pada social media seperti facebook, twitter, google plus dan lainnya.

Semakin populer blog kita di social media, maka semakin meningkat pula ranking blog dan peluang blog semakin besar untuk menempati halaman pertama penelusuran.

·         Sharing Artikel pada Social Boormark

Sedikit kemiripan antara social media dan social bookmark namun peran keduanya sangat berbeda. Social bookmark berfungsi untuk membantu mempercepat proses indeksi setiap artikel.

Setelah update artikel, sharing juga pada social bookmark. Untuk menampilkan lebih banyak pencarian di mesin pencari, peranan social bookmark tidak bisa kita pandang sebelah mata, karena setiap kali kita sharing artikel kita juga otomatis mendapatkan backlink do follow.

Beberapa contoh social bookmark di Indonesia antara lain: lintas.me, cepatnya.info, dan masih banyak lagi yang lainnya.

·         Submit blog pada Direktory Web

Melakukan submit blog pada situs web directory dapat membantu kita dalam mempromosikan blog secara gratis. Dari situ kita dapat pula mengumpulkan traffic langsung dan backlink tentunya.

Beberapa situs directory web yang berkualitas seperti Dmoz.org dan technorati.com. 

·         Aktif dalam Forum

Aktif didalam sebuah forum mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus diantaranya: promosi blog gratis, mendapatkan traffic langsung, mendapatkan backlink do follow dari situs forum. Ada banyak forum yang dapat Anda ikuti diantaranya: kaskus.co.id; bersosial.com; kompas forum; dan beberapa situs forum lainnya.

Berkomentar secara sopan dan tentunya sesuai dengan topic yang sedang dibahas. Sesekali sharing sebuah thread yang berhubungan dengan link sumber berasal dari blog Anda.

Tanpa terasa artikel ini sudah cukup panjang, wowww bahkan lebih dari 1000 kata. Tidak salah jika artikel ini diberi embel-embel “Sebuah Panduan Lengkap” karena memang diuraikan secara lengkap.

Demikian sharing kali ini tentang “Panduan Lengkap” Cara Meningkatkan SEO Pada Blog, semoga bermanfaat untuk Anda dalam memahami SEO. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kerjasamanya.

Salam Cara Kerja SEO!

(Belajar SEO Tahap Pemula)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

14 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
June 6, 2015 at 9:10 AM delete

Wah.. bagus nih infonya, sangat membantu buat para newbie seperti saya..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
June 9, 2015 at 12:27 PM delete

Terima kasih atas apresiasinya, mudah2an menjadi berkah buat ANda dalam mempelajari seo

Reply
avatar
Imajumundur
AUTHOR
January 27, 2016 at 4:55 AM delete

nice info..,ningalin jejak

Reply
avatar
Alanda019
AUTHOR
February 7, 2016 at 9:51 AM delete


bagus artikelnya, namun ada sedikit tambahan nih kayanya!

http://tidakbisainiitu.blogspot.co.id/

Reply
avatar
internet
AUTHOR
March 12, 2016 at 3:34 PM delete

lumayan untuk nambah pengetahuan tentang seo

Reply
avatar
internet
AUTHOR
March 12, 2016 at 3:34 PM delete

lumayan untuk nambah pengetahuan tentang seo

Reply
avatar
April 29, 2016 at 11:58 PM delete

Bagi pemula sangat penting mengetahui cara meningkatkan seo website apalagi dalam kaitannya untuk promosi online.

Trims untuk sharing.

Reply
avatar
June 8, 2016 at 6:22 AM delete

permisi...isen-iseng berhadiah nich gan...
mari kita ramaikan KONTES SEO berhadiah 80juta,
hadiah yang sangat fantastis,untuk selengkap nya bisa di baca
http://favouritenewss.blogspot.com/2016/06/daftar-situs-judi-online-terpercaya-2016.html

Reply
avatar
Rahma Store
AUTHOR
October 28, 2017 at 11:29 AM delete

Pusat penjualan produk dari kecantikan dan kesehatan - http://rahma-store.com

Reply
avatar

Komentar merupakan sarana berdiskusi, jadi mari kita sama-sama saling berbagi dan belajar!

Terima kasih EmoticonEmoticon