3 Langkah Mudah Menjadikan Blog Valid HTML

3 Langkah Mudah Menjadikan Blog Valid HTML

Cara Kerja SEO, Agar blog menjadi SEO Friendly tentunya didukung dengan template yang valid HTML. Menggunakan template yang SEO Friendly pada blog merupakan strategi yang tepat dalam mengembangkan blog. Blog yang SEO Friendly akan memudahkan kita dalam hal indeksi artikel yang kita posting.

Berdasarkan pengecekan secara online melalui CHKME.COM, blog Cara Kerja SEO mendapatkan skor 89% (hasil yang tidak menggembirakan). Nah, dari hasil pengecekan tadi, muncul hasil yang lumayan membingungkan. Untuk lebih detil tentang pengecekan skor SEO, Anda bisa langsung membaca postingan sebelumnya: 4 Langkah Mudah Mengecek Skor SEO Blog dengan CHKME.COM

Dibagian akhir laporan terdapat gambar yang tidak valid. Kira-kira begini tampilannya: Image Missing Description & Title, di antaranya ikon Wrench yang beralamat di http://img1.blogblog.com/img/icon18_wrench_allbkg.png.

Sebelum masuk pada pembahasan, gambaran mengenai icon quick edit (pensil) dan icon wrench (obeng dan tang) adalah untuk memudahkan editing pada postingan dan widget/gadget blog Anda.

Icon quick edit (bergambar pensil) muncul dibagian akhir posting, berfungsi untuk memudahkan edit postingan dengan sekali klik. Sedangkan icon wrench (bergambar obeng dan tang) terdapat pada setiap gadget/widget di sidebar. Berfungsi untuk memudahkan edit widget/gadget.

Akan tetapi kedua icon ini bedampak tidak sehat pada SEO blog. Untuk itu perlu kiranya diperhatikan dengan cermat agar bermanfaat.

Namun Anda jangan khawatir, karena hal ini ternyata mudah untuk diatasi, asalkan kita memahami cara penanganannya. Berikut akan saya ulas 3 langkah mudah menjadikan Blog Valid HTML, diantaranya:

  1. Login pada Dashboard >Template >Edit HTML
  2. Kemudian, cari dan hapus semua kode (tekan CTRL + F) <b:include name='quickedit'/> pada template Anda.
  3. Terakhir klik Simpan, agar hasil kerja Anda tidak sia-sia.


Tips agar kode diatas tidak selalu muncul:

  1. Kode <b:include name='quickedit'/> akan selalu muncul pada template setiap kali kita menambahkan widget, baik pada sidebar, header maupun footer.
  2. Setiap kali menambahkan widget kita harus menghapusnya dengan mengulangi 3 langkah diatas.
  3. Upayakan untuk tidak menambahkan widget bila tidak diperlukanapalagi tidak terlalu penting. Karena hal itu hanya akan menyita waktu Anda untuk modifikasi template, dan berusahalah untuk konsisten.


Cara sederhana ini tentunya sangat membantu Anda dalam mengatasi blog yang tidak valid HTML. Untuk itu, perhatikan dengan cermat setiap kali Anda memulai aktivitas blogging.


Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda, dan mohon maaf jika kurang berkenan!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar merupakan sarana berdiskusi, jadi mari kita sama-sama saling berbagi dan belajar!

Terima kasih EmoticonEmoticon